PENGEMBANGAN E-QUIZ BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI KELAS XI SMAN 1 GONDANG MOJOKERTO

Hakim, Mohammad Syahrul Muharrom Al (2025) PENGEMBANGAN E-QUIZ BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG DI KELAS XI SMAN 1 GONDANG MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812061023-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812061023-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812061023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (310kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812061023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812061023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812061023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812061023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812061023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812061023-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk E-Quiz yang dapat membantu siswa dalam mengingat kosakata. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) menurut Luther (dalam Binanto, 2010), yang mencakup enam tahapan: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket yang disebarkan kepada ahli materi, ahli media, dan uji coba produk. Produk akhir dari penelitian ini mencakup dua tema pembelajaran, materi yang berisi kosakata baru dan latihan soal. Berdasarkan hasil angket, diperoleh skor 95 dari ahli materi dan 96,5 dari ahli media, keduanya berada dalam kategori sangat sesuai. Uji coba terbatas bersama guru memperoleh skor 99, sedangkan dari peserta didik menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, R&D, MDLC, E-Quiz, Kosakata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Mohammad Syahrul Muharrom Al Hakim
Date Deposited: 03 Aug 2025 03:32
Last Modified: 03 Aug 2025 03:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26411

Actions (login required)

View Item View Item