PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-HANDOUT BERBASIS KASUS BERBANTUAN WIZER.ME PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN

Steven, Geraldo Marion (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-HANDOUT BERBASIS KASUS BERBANTUAN WIZER.ME PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113041029-COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113041029-ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041029-DAFTAR PUSKATA.pdf

Download (277kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113041029-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menyusun rancang bangun dan menganalisis validitas serta kepraktisan bahan ajar E-Handout berbasis kasus berbantuan Wizer.me pada materi sistem pencernaan untuk peserta didik kelas VIII di SMP. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D), dengan model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Uji validitas dalam penelitian pengembangan ini dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji kepraktisan dilakukan oleh 5 (lima) orang guru IPA dan 12 orang peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Kubutambahan dengan kemampuan akademik yang berbeda-beda. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) rancang bangun bahan ajar E-Handout berbasis kasus berbantuan Wizer.me pada materi sistem pencernaan, (2) bahan ajar E-Handout berbasis kasus berbantuan Wizer.me pada materi sistem pencernaan dengan kategori sangat valid (nilainya 1,0), (3) bahan ajar E-Handout berbasis kasus berbantuan Wizer.me pada materi sistem pencernaan dengan kategori sangat praktis, karena diperoleh rerata 90,8% atas penilaian guru dan 90,6% atas penilaian peserta didik. Berdasarkan temuan tersebut dinyatakan bahwa bahan ajar E-Handout berbasis kasus berbantuan Wizer.me sangat valid dan sangat praktis untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas, khususnya pada materi sistem pencernaan di SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, E-Handout, Kasus, Sistem Pencernaan, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: GERALDO MARION STEVEN
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:41
Last Modified: 04 Aug 2025 02:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26432

Actions (login required)

View Item View Item