Budiastini, Luh Putu Sri (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Negeri 3 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112061008-COVER.pdf Download (610kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112061008-ABSTRAK.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112061008-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2112061008-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2112061008-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112061008-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112061008-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR RUJUKAN)
2112061008-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112061008-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 3 Singaraja, kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasinya, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam implementasinya. SMA Negeri 3 Singaraja mulai menerapkan Kurikulum Merdeka sejak tahun 2021. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Jepang dan siswa kelas XI E. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi kelas, dan observasi dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 3 Singaraja telah sesuai dengan konsep yang di tetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Hal ini dapat dilihat dari penerapan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, proyek P5, dan proses pembelajaran. Kendala yang dihadapi dalam implementasi Kurikulum Merdeka yaitu keterbatasan sumber daya, keterbatasan penggunaan teknologi, dan keterbatasan fasilitas sekolah. Upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan pelatihan secara berkala, evaluasi yang dilakukan dalam rentang waktu, 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun sekali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Implementasi, Kendala, Bahasa Jepang, SMA Negeri 3 Singaraja. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Sri Budiastini |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:03 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |