Dewi, Ade Dian Valentina Kesuma (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (RESIK) Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031065-COVER.pdf Download (907kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031065-ABSTRAK.pdf Download (198kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031065-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031065-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031065-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (RESIK) berbantuan tutor sebaya terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilakukan ialah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan rancangan non-equivalent control group design. Populasi sebanyak 329 siswa kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu. Teknik yang dipergunakan untuk mengambil sampel ialah cluster random sampling. Diperoleh kelas V SD Negeri 12 Peguyangan sebanyak 38 siswa menjadi kelompok eksperimen dan kelas VB SD Negeri 10 Peguyangan sebanyak 32 siswa menjadi kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode tes dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda biasa. Data yang diolah atau dianalisis pada kedua kelompok adalah gain skor yang ternormalisasi dari hasil pretest dan posttest. Menggunakan teknik analisis data uji-t polled varians. Didapatkan nilai thitung = 11,7563 dan ttabel = 1,9955 pada α = 0,05 dan dk = 38 + 32 – 2 = 68. Karena thitung > ttabel artinya terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha. Jika dilihat dari rata-rata gain skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen X ̅ = 0,7844 lebih dari kelompok kontrol X ̅ = 0,5954. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (RESIK) berbantuan tutor sebaya terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (RESIK), metode tutor sebaya, kompetensi pengetahuan matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ade Dian Valentina Kesuma Dewi |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 20:27 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 20:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2660 |
Actions (login required)
View Item |