PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MATERI HIDANGAN ASIA TENGGARA PADA MATA KULIAH KULINER ASIA

Utami, Putu Puspa (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MATERI HIDANGAN ASIA TENGGARA PADA MATA KULIAH KULINER ASIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115081002-COVER.pdf

Download (780kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115081002-ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115081002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (589kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115081002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115081002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115081002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115081002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115081002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115081002-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tahapan pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis Canva pada materi hidangan Laos, Kamboja, dan Vietnam pada Mata Kuliah Kuliner Asia dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate); 2) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran berdasarkan validasi para ahli; dan 3) Mendeskripsikan respons mahasiswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D. Responden terdiri dari 30 mahasiswa semester 4 dan 8 Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner yang telah menempuh mata kuliah Kuliner Asia. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berbasis skala Likert yang diberikan kepada para ahli dan mahasiswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan media melalui tahapan define, design, develop, dan disseminate telah terlaksana secara sistematis: (a) define, dengan mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran melalui observasi, analisis sumber belajar, dan analisis kebutuhan mahasiswa; (b) design, dengan menyusun materi, menentukan tema, serta membuat slide dan narasi PowerPoint interaktif berbasis Canva; (c) develop, dengan menambahkan elemen audio dan melakukan validasi oleh ahli materi, media, dan desain; serta (d) disseminate, dengan menyebarkan media secara terbatas kepada dosen dan mahasiswa, serta mengumpulkan respons mahasiswa; 2) Kelayakan media berdasarkan penilaian ahli berada dalam kategori “sangat layak” dengan persentase: ahli materi 94%, ahli media 96%, dan ahli desain pembelajaran 96%; dan 3) Respon mahasiswa terhadap media berada dalam kategori “sangat positif” dengan persentase 91%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, PowerPoint Interaktif, Kuliner Asia
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (S1)
Depositing User: Putu Puspa Utami
Date Deposited: 08 Aug 2025 01:40
Last Modified: 08 Aug 2025 01:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26642

Actions (login required)

View Item View Item