SISTEM PENILAIAN DOSEN MENGAJAR BERBASIS FUZZY LOGIC TSUKAMOTO (Studi Kasus : Universitas Pendidikan Ganesha)

Ayu Mas Meita Pradnya Swari, Gusti Putu (2025) SISTEM PENILAIAN DOSEN MENGAJAR BERBASIS FUZZY LOGIC TSUKAMOTO (Studi Kasus : Universitas Pendidikan Ganesha). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115101031-COVER.pdf

Download (707kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115101031-ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115101031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115101031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115101031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115101031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115101031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115101031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115101031-LAMPIRAN.pdf

Download (366kB)

Abstract

Universitas Pendidikan Ganesha sudah menerapkan penilaian kinerja dosen di tiap akhir semester namun sistem penilaian yang ada saat ini masih memiliki keterbatasan dalam transparasi, struktur dan objektivitas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan dalam merancang serta mengimplementasikan sistem penilaian dosen pada tiap akhir semester menggunakan Fuzzy Logic dengan menerapkan metode Tsukamoto di dalamnya guna menghasilkan evaluasi penilaian dosen yang lebih akurat. Sistem penilaian dosen berbasis fuzzy logic ini dirancang untuk menilai delapan aspek utama seperti perencanaan perkuliahan, evaluasi pembelajaran, kreativitas, pengelolaan kelas, kedisiplinan, pengembangan karakter mahasiswa, interaksi serta pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Manfaat penerapan Fuzzy Logic Tsukamoto pada sistem penilaian dosen ini adalah untuk mengolah data yang bersifat subjektif dari tiap mahasiswa menjadi sebuah nilai evaluasi yang representative melalui proses fuzzifikasi, inferensi dan defuzzifikasi. Hasil akhir dari sistem penilaian dosen berbasis Fuzzy Logic Tsukamoto ini memberikan nilai kinerja dosen secara numerik yang menggambarkan tingkat kualitas pengajaran. Dalam mengimplementasi sistem penilaian ini menggunakan 20 responden yang terdiri dari mahasiswa di Universitas Pendidikan Ganesha. Hasil penilaian dari ke 20 mahasiswa tersebut pada mata kuliah Machine Learning adalah dosen pada mata kuliah tersebut mendapatkan hasil penilaian “BAIK” dengan nilai 86.22 hasil tersebut diperoleh dengan cara menghitung dari masing - masing aspek penilaian. Sistem penilaian ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan objektivitas dan efesiensi evaluasi kinerja dari para dosen serta dapat memberikan umpan balik bagi pengembangan professional dosen di lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Dosen, Fuzzy Logic, Metode Tsukamoto
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Ilmu Komputer (S1)
Depositing User: Gusti Putu Ayu Mas Meita Pradnya Swari
Date Deposited: 08 Aug 2025 07:59
Last Modified: 10 Aug 2025 06:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26649

Actions (login required)

View Item View Item