Azizah, Nur (2025) EXPLORING THE IMPLEMENTATION OF DESIGN THINKING AND THE ENHANCMENT OF BEHAVIORAL ENGAGEMENT: A CLASSROOM ACTION-BASED RESEARCH IN A FIFTH-GRADE ENGLISH CLASS AT SD NEGERI 1 BANJAR TEGAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2112021060-COVER.pdf Download (478kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021060-ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2112021060-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021060-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021060-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021060-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021060-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak nyata dari penerapan pendekatan Design Thinking terhadap keterlibatan perilaku siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas V, serta bagaimana pendekatan ini diintegrasikan dalam konteks sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi aktif, kerja sama, motivasi, dan ketekunan siswa dalam pembelajaran konvensional. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 25 siswa kelas V di SD Negeri 1 Banjar Tegal. Pendekatan Design Thinking diterapkan melalui lima tahap utama: empati, perumusan masalah, ideasi, pembuatan prototipe, dan pengujian. Selain itu, lima modifikasi strategi pembelajaran diterapkan dari siklus pertama ke siklus kedua, mencakup manajemen waktu, pengelompokan, penyampaian instruksi, peningkatan kolaborasi, dan peningkatan kompleksitas tugas. Modifikasi ini berkontribusi secara signifikan karena mengatasi kendala praktis dalam pelaksanaan Design Thinking dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif. Misalnya, struktur waktu yang lebih terarah dan strategi pengelompokan yang lebih tepat mendorong partisipasi dan interaksi yang lebih aktif. Hasil menunjukkan peningkatan skor keterlibatan perilaku siswa dari rata-rata 3,24 pada siklus pertama menjadi 4,16 pada siklus kedua. Peningkatan paling menonjol terjadi pada partisipasi aktif (+1,02), ketekunan (+1,01), dan kerja sama (+0,90). Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan Design Thinking yang disertai modifikasi strategi pembelajaran secara efektif mendorong pembelajaran yang lebih partisipatif dan berpusat pada siswa, serta mendukung implementasi Kurikulum Merdeka secara bermakna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Design Thinking, Keterlibatan Perilaku, Pembelajaran Bahasa Inggris, Penelitian Tindakan Kelas, Kurikulum Merdeka. |
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | NUR AZIZAH |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 13:31 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 13:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |