Swandewi, Putu Ari (2025) IDENTIFIKASI PELAKSANAAN SAPTA PESONA PADA DESTINASI WISATA DI DESA WISATA AMBENGAN KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2015011006-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2015011006-ABSTRAK.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015011006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015011006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015011006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015011006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2015011006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015011006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2015011006-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan unsur-unsur Sapta Pesona pada destinasi wisata di Desa Wisata Ambengan serta mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Informan terdiri atas Kepala Desa Ambengan, Direktur BUMDes Ambengan, pengelola Pokdarwis Subunit Air Terjun Jembong, Pokdarwis Subunit Blue Lagoon, Ketua KUPS Subunit Gatep Lawas Ambengan, dan wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sapta Pesona telah dilaksanakan dengan baik di tiga destinasi wisata Desa Wisata Ambengan meskipun pelaksanaannya belum optimal. Unsur tertib, sejuk, dan indah telah terlaksana dengan baik di Air Terjun Jembong, Blue Lagoon, dan Gatep Lawas Ambengan. Namun, masih terdapat kekurangan pada unsur aman, bersih, ramah, dan kenangan. Air Terjun Jembong dan Blue Lagoon belum memiliki fasilitas loker seperti yang tersedia di Gatep Lawas. Fasilitas seperti toilet, ruang ganti, dan gazebo di Air Terjun Jembong dan Blue Lagoon juga memerlukan perawatan. Unsur ramah terlihat dari sikap pengelola yang bersahabat, akan tetapi interaksi di loket tiket masih terbatas. Unsur kenangan belum optimal. Kendala dalam pelaksanaan Sapta Pesona meliputi keterbatasan sumber daya manusia, fasilitas, dan pendanaan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kualitas dan dukungan berbagai pihak guna mengoptimalkan pelaksanaan Sapta Pesona.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sapta Pesona, Destinasi Wisata, Desa Wisata |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) |
Depositing User: | Putu Ari Swandewi |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 06:46 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 06:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |