Diantari, Rai Putri (2025) Pengembangan Tes Literasi Sains Berkonteks Socio-Scientific Issues (SSI) untuk Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2323071007-COVER.pdf Download (516kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2323071007-ABSTRAK.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2323071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text (KAJIAN TEORI)
2323071007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2323071007-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2323071007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2323071007-LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan minimnya ketersediaan asesmen berbasis literasi sains yang berkonteks SSI. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik tes literasi sains berkonteks SSI, (2) menganalisis validitas tes, (3) menganalisis kepraktisan tes, (4) menganalisis keakuratan tes. Penelitian ini merupakan penelitian desain yang mengacu pada model Plomp yang terdiri dari tahap studi pendahuluan dan tahap pengembangan. Pada tahap studi pendahuluan dilakukan analisis kebutuhan dan analisis konteks, penyusunan kisi-kisi, penyusunan tes, validasi tes oleh ahli serta revisi. Pada tahap pengembangan dilakukan uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, studi dokumentasi, angket, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Uji coba melibatkan 100 orang siswa kelas IX. Hasil penelitian menunjukkan (1) tes yang dikembangkan sebanyak 30 butir pilihan ganda. Kompetensi literasi sains yang diukur dalam tes yaitu (a) menjelaskan fenomena secara ilmiah, (b) membangun dan mengevaluasi desain untuk penyelidikan ilmiah dan menginterpretasikan data dan bukti ilmiah secara kritis, serta (c) meneliti, mengevaluasi, dan menggunakan informasi ilmiah untuk pengambilan keputusan dan tindakan. Sebanyak 10 SSI yang relevan terhadap materi IPA fase D digunakan sebagai stimulus soal. (2) Hasil uji validasi memperoleh skor 1,00 yang berarti tes memiliki validitas sangat tinggi dari segi isi, konstruk, dan bahasa. (3) Tes memperoleh skor kepraktisan sebesar 87,63 yang berada pada kategori sangat praktis. (4) Hasil uji keakuratan menunjukkan 28 soal dinyatakan valid, dan 2 soal tidak valid. Indeks daya pembeda seluruh butir soal memenuhi kriteria untuk diterima. Setiap pengecoh pada setiap butir soal diterima dan berfungsi. Reliabilitas naskah soal bernilai 0,911 berada pada kategori sangat tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan tes literasi sains berkonteks SSI valid, praktis, dan akurat untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa SMP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi sains, socio-scientific issues, SSI, instrumen tes |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Rai Putri Diantari |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 23:47 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 23:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |