PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERSTRATEGI BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRODUKSI FILM DI SMK N 3 SINGARAJA

Sadhujana, I Gede Hary (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERSTRATEGI BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRODUKSI FILM DI SMK N 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051104-COVER.pdf

Download (406kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051104-ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051104-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051104-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051104-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051104-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051104-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051104-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051104-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berstrategi Blended Learning dalam pembelajaran produksi film di SMK N 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan media yang melibatkan beberapa tahap, seperti analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI DKV 2 di SMK N 3 Singaraja. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Selain itu, uji coba lapangan dilakukan untuk mengukur efektivitas media interaktif yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif berstrategi Blended Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran produksi film. Siswa lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran, serta mampu mengembangkan keterampilan praktis mereka. Evaluasi dari guru dan siswa menunjukkan respons positif terhadap penggunaan media interaktif ini yang dibuktikan melalui hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Pada hasil uji coba kelompok kecil menghasilkan 81% serta uji coba lapangan menghasilkan 81.63%. Pada hasil respon peserta didik diperoleh nilai 61,2 yang tergolong pada kategori “Sangat Positif”, dan pada hasil respon guru diperoleh nilai 42 yang tergolong pada kategori “Sangat Positif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Blended Learning, Produksi Film, Research and Development
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Gede Hary Sadhujana
Date Deposited: 11 Aug 2025 00:03
Last Modified: 11 Aug 2025 07:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26755

Actions (login required)

View Item View Item