PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING UNTUK PEMASARAN UMKM DI KABUPATEN BULELENG DENGAN METODE ARAS

Setiawan, Gede Budi (2025) PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING UNTUK PEMASARAN UMKM DI KABUPATEN BULELENG DENGAN METODE ARAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051083_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051083_Abstrak.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051083_Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (373kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051083_Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815051083_Bab 3 Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051083_Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051083_Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051083_Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051083_Lampiran.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan sistem pendukung keputusan (SPK) berbasis metode ARAS untuk memilih strategi social media marketing pada UMKM di Kabupaten Buleleng. Tahap perancangan dimulai dengan pengumpulan data primer dari 65 UMKM sektor kuliner, kriya, dan fashion periode Mei–Juli 2025, serta studi pustaka untuk menetapkan sepuluh alternatif strategi dan enam kriteria evaluasi, termasuk biaya produksi konten, waktu pengerjaan, usia target pasar, kesesuaian usaha, jumlah follower, dan jangkauan geografis. Implementasi sistem menggunakan MySQL untuk basis data serta PHP, JavaScript, HTML, dan Bootstrap 4 pada antarmuka. Pengujian fungsional dilakukan dengan white box testing (basic path testing) pada sebelas fungsi perhitungan ARAS dan black box testing (Boundary Value Analysis) pada dua belas fitur sistem, menghasilkan kesesuaian 100 % dari 69 test case. Selanjutnya, uji respons pengguna melibatkan 38 UMKM yang menilai kelima aspek usability (learnability, efficiency, memorability, error handling, satisfaction) menggunakan kuesioner Nielsen Attributes of Usability. Rata-rata skor setiap aspek berada di atas ambang minimal 3,0, yaitu 4,04; 4,06; 4,00; 4,00; dan 4,03. Temuan ini menunjukkan bahwa SPK ARAS mampu memberikan rekomendasi strategi social media marketing yang akurat, andal secara fungsional, dan memuaskan pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Gede Budi Setiawan
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:04
Last Modified: 11 Aug 2025 04:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26773

Actions (login required)

View Item View Item