PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 GIANYAR

Dewi, Dewa Ayu Putu Ika Kasturi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051055-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051055-ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METOLELOGI PENELITIAN)
1815051055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051055-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051055-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051055-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning, mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran IPA, serta mengidentifikasi respons guru dan peserta didik terhadap pengembangan dan penerapan media tersebut di kelas VII SMP Negeri 1 Gianyar. Penelitian ini mempergunakan jenis penelitian yang berfokus pada pengembangan yang disebut dengan R&D (Research and Development). Model pengembangan yang diterapkan dalam penelitian ini Adalah model ADDIE mencakup lima tahap utama, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII dan guru pengampu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 1 Gianyar. Hasil perhitungan dari validitas ahli isi dan validitas ahli media-desain mendapatkan tingkat koefisien validitasnya senilai 1,00 tergolong pada tingkat validitas “Sangat Tinggi” dengan kriteria “Sangat Valid”. Hasil uji efektivitas perhitungan N-Gain mendapatkan nilai 0,82 berada pada tingkat “Efektif”. Hasil perhitungan analisis data respons peserta didik senilai 67,72 berada pada tingkat kualifikasi “Sangat Positif” dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil perhitungan analisis data respons pendidik senilai 6,67 ada pada tingkat kualifikasi “Sangat Positif” dengan kategori “Sangat Praktis”. Kesimpulannya media pembelajaran interaktif ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya materi zat dan perubahannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Problem Based Learning, Ilmu Pengetahuan Alam, ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Dewa Ayu Putu Ika Kasturi Dewi
Date Deposited: 13 Aug 2025 00:28
Last Modified: 13 Aug 2025 00:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26798

Actions (login required)

View Item View Item