Pratiwi Putri, Ni Putu Cindy (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PjBL PADA MATERI CAHAYA KELAS V SD NEGERI 2 KUWUM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2111031153_COVER)
2111031153_COVER.pdf Download (594kB) |
![]() |
Text (2111031153_ABSTRAK)
2111031153_ABSTRAK.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (2111031153_BAB I PENDAHULUAN)
2111031153_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text (2111031153_BAB II KAJIAN TEORI)
2111031153_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031153_BAB III METODE PENELITIAN)
2111031153_BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031153_BAB IV HASIL PENELITIAN)
2111031153_BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031153_BAB V KESIMPULAN)
2111031153_BAB V KESIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031153_DAFTAR PUSTAKA)
2111031153_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (2111031153_LAMPIRAN)
2111031153_LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu: (1) menghasilkan prototype Multimedia Interaktif berbasis model PjBL, (2) menguji validitas Multimedia Interaktif berbasis model PjBL, (3) menguji kelayakan Multimedia Interaktif berbasis model PjBL, dan (4) menguji keefektifan Multimedia Interaktif berbasis model PjBL terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah 4 orang ahli, 2 orang guru dan 10 orang siswa serta 1 rombel siswa kelas V SD Negeri 2 Kuwum. Objek penelitian ini adalah Multimedia Interaktif berbasis model PjBL. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berupa jenis angket tertutup dengan menggunakan rating scale dan instrumen tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata- rata masing-masing skor ahli media dan skor ahli muatan pembelajaran sebesar 0,90 dengan kualifikasi yang sangat valid, (2) tingkat pencapaian kepraktisan media oleh guru adalah sebesar 3,43 dan kepraktisan media oleh siswa sebesar 3,33 dengan kualifikasi baik, (3) serta Multimedia Interaktif berbasis model PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Cahaya kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: 1. Pengembangan, 2.multimedia interaktif, 3. PjBL, 4. hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Cindy Pratiwi Putri |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:10 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |