Sitepu, Yuni Salsalina Br (2025) ANALISIS STANDAR SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KIMIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113031019_COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113031019_ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113031019_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113031019_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2113031019_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113031019_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113031019_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113031019_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (535kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113031019_LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menjelaskan keadaan sarana dan prasarana laboratorium kimia di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja berdasarkan standar yang ditetapkan oleh Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007; (2) mendeskripsikan dan menjelaskan kesesuaian pembelajaran kimia terhadap kurikulum yang digunakan di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja; dan (3) mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh keadaan sarana dan prasarana terhadap pelaksanaan praktikum kimia di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru kimia, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, serta seluruh siswa yang mengambil program MIPA. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keadaan sarana dan prasarana laboratorium kimia di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja belum sepenuhnya sesuai dengan standar Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007, dengan kekurangan pada fasilitas penting seperti meja demonstrasi, lemari asam, soket listrik, peralatan P3K, serta keterbatasan peralatan kimia dan bahan percobaan; (2) Pembelajaran kimia telah disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013, namun pelaksanaan praktikum mengalami kendala karena keterbatasan sarana prasarana dan waktu, (3) Rendahnya rata-rata ketersediaan alat laboratorium (21,56%) berpengaruh langsung terhadap pelaksanaan praktikum kimia, yang hanya terlaksana sebesar 56,25% dari total jenis praktikum yang seharusnya dilakukan menurut kurikulum. keterbatasan sarana dan prasarana laboratorium berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan praktikum kimia, membatasi pengalaman siswa dalam memahami konsep kimia melalui kegiatan eksperimen langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sarana prasarana laboratorium, praktikum kimia, pembelajaran kimia, kurikulum, standar pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Yuni Salsalina Br Sitepu |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 13:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 13:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |