Pranintyadewi, Ni Komang Micka (2020) Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Kearifan Lokal Catur Paramitha Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Ir Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031205-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031205-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031205-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (341kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031205-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031205-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031205-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031205-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031205-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031205-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis kearifan lokal catur paramitha terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas kelas V SD Negeri Gugus Ir Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-equivalent Control Group Design. Jumlah populasi kelas V SD Negeri Gugus Ir Soekarno adalah 259 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VA SD Negeri 2 Pedungan yang berjumlah 34 siswa sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbasis kearifan lokal catur paramitha dan siswa kelas V C SD Negeri 5 Pedungan sebagai kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa meliputi empat pilihan. Pemerolehan data dianalisis menggunakan analisis uji t. Diperoleh hasil analisis data yaitu thitung = 3,065 > ttabel = 2,000 untuk taraf signifikansi 5% dan dk = 66. Berdasarkan kriterian pengujian, Ho di tolak dan Ha diterima. Rata-rata gain skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan IPS pada kelompok yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbasis kearifan lokal catur paramitha adalah 0,517. Sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 0,383. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovering learning berbasis kearifan lokal catur paramitha terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Ir Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Kearifan Lokal Catur Paramitha, Kompetensi Pengetahuan IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KOMANG MICKA PRANINTYA DEWI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 10:42 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 10:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2683 |
Actions (login required)
View Item |