PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PERSAMAAN KUADRAT

Ulya, Viki Himatul (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PERSAMAAN KUADRAT. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2323011011-COVER.pdf

Download (823kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2323011011-ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2323011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2323011011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2323011011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323011011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2323011011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2323011011-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Ulya, Viki Himatul (2025), Pengembangan e-Modul Pembelajaran Berpendekatan Discovery Learning Berbasis AI (Artificial Intelligence) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat. Tesis, Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Phill. I Gusti Putu Sudiarta, M.Si. dan Pembimbing II : Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si. Kata-kata kunci: Artificial Intelligence, Discovery Learning, E-modul Berbasis AI, Persamaan Kuadrat Perkembangan teknologi digital, khususnya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), memberikan dorongan signifikan terhadap inovasi pembelajaran di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran matematika berpendekatan Discovery Learning berbasis AI untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi persamaan kuadrat. Metode pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas lima tahap, yaitu preliminary investigation (investigasi awal), design (perancangan), realization/construction (pengembangan produk), testing, evaluation, and revision (uji coba, evaluasi, dan revisi), serta implementation (implementasi). E-modul dikembangkan menggunakan platform Streamlit yang terintegrasi dengan Perplexity AI, serta disusun secara sistematis dalam empat pertemuan yang mencakup materi bentuk umum dan grafik fungsi kuadrat, metode faktorisasi, rumus ABC, serta penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi, lembar validasi (e-modul, tes, dan angket), angket kepraktisan, serta tes tertulis berbasis konteks yang dirancang untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi persamaan kuadrat. Penelitian dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu uji coba terbatas, uji lapangan I, dan uji lapangan II (pretest dan post-test), dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa kelas X SMA Bintang Mandiri Jimbaran. Hasil validasi awal oleh dua orang ahli menunjukkan skor rata-rata 3,17 (kategori kurang valid), sehingga dilakukan revisi terhadap petunjuk narasi, tampilan antarmuka, dan kejelasan sintaks langkah Discovery Learning. Uji coba terbatas menunjukkan rata-rata nilai tes keefektifan sebesar 65,75 (belum tuntas) dan skor angket kepraktisan sebesar 3,16 (kategori praktis). Uji lapangan I menunjukkan peningkatan skor tes keefektifan menjadi 70,75 (masih belum tuntas) dan skor angket kepraktisan sebesar 3,41 (kategori praktis). Selanjutnya, pada uji lapangan II diperoleh peningkatan signifikan, dengan rata-rata skor pretest sebesar 70,42 (belum tuntas) dan post-test sebesar 82,83 (kategori tuntas), serta skor angket kepraktisan sebesar 3,69 (kategori sangat praktis). Hasil ini mengindikasikan bahwa e-modul efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. E-modul ini memiliki karakteristik utama: (1) dikembangkan menggunakan pustaka Python Streamlit dalam format web interaktif; (2) disusun dengan struktur isi berbasis empat pertemuan; (3) mengacu pada enam tahap Discovery Learning; (4) setiap pertemuan dilengkapi eksplorasi interaktif yang memungkinkan siswa menemukan konsep secara mandiri dengan bantuan AI; (5) terhubung ke platform Perplexity AI sebagai penyedia umpan balik otomatis; (6) menerapkan pendekatan konstruktivistik; dan (7) memiliki antarmuka yang user friendly. Prinsip pengembangannya mengacu pada konsep self-instruction, self-contained, stand-alone, interaktif, reflektif, dan berbasis self-regulated learning. Keterbatasan e-modul meliputi kebutuhan koneksi internet stabil, literasi digital siswa yang beragam sehingga memerlukan pendampingan awal, kualitas respons AI yang bergantung pada kejelasan prompt yang diajukan siswa, serta ketidakkonsistenan respons AI di mana output yang dihasilkan dapat berbeda-beda meskipun menggunakan prompt yang sama dan spesifik, bahkan jika diberikan hanya dalam selang waktu beberapa detik. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran interaktif pada materi persamaan kuadrat

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence, Discovery Learning, E-modul Berbasis AI, Persamaan Kuadrat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: VIKI HIMATUL ULYA
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:50
Last Modified: 12 Aug 2025 04:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26862

Actions (login required)

View Item View Item