Wibawa, I Kadek Sastra Oksto (2025) A NEED ANALYSIS ON SDGS CONTENT READING MATERIALS FOR FIFTH GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL IN BULELENG REGENCY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021110-COVER.pdf Download (744kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021110-ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021110-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021110-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021110-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021110-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021110-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021110-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021110-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis target dan kebutuhan pembelajaran siswa sekolah dasar kelas lima terhadap materi bacaan bahasa Inggris berbasis SDGs di Kabupaten Buleleng. Namun, terdapat keterbatasan penelitian yang berfokus pada analisis kebutuhan siswa sekolah dasar. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui kuesioner terbuka dan tertutup yang dibagikan kepada 239 siswa dan wawancara semi-terstruktur dengan lima guru bahasa Inggris di lima sekolah dasar di Kabupaten Buleleng. Temuan menunjukkan bahwa siswa sangat tertarik dengan topik-topik terkait SDGs seperti lingkungan dan kesehatan. Namun, siswa masih memiliki keterbatasan dalam penguasaan kosakata dan kelancaran membaca. Siswa lebih menyukai teks-teks pendek bergambar seperti komik atau buku bergambar, yang didukung oleh media digital seperti video dan permainan. Guru juga menekankan perlunya materi kontekstual dan menarik yang terkait dengan isu-isu kehidupan nyata. Penelitian ini menyarankan bahwa materi bacaan bahasa Inggris harus dirancang agar sesuai dengan minat dan tingkat kognitif siswa sambil mempromosikan kesadaran global melalui konten SDGs.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kebutuhan, Materi Bacaan Bahasa Inggris, Siswa Sekolah Dasar, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Kadek Sastra Oksto Wibawa |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 12:51 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 12:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |