ANALYSING FIVE CORE VALUES OF CHARACTER EDUCATION IN ENGLISH TEXTBOOKS FOR SENIOR HIGH SCHOOL FROM SOCIAL AND EMOTIONAL PERSPECTIVE

Saraswati, I Gusti Ayu Diah Gita (2025) ANALYSING FIVE CORE VALUES OF CHARACTER EDUCATION IN ENGLISH TEXTBOOKS FOR SENIOR HIGH SCHOOL FROM SOCIAL AND EMOTIONAL PERSPECTIVE. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129081008-COVER)
2129081008-COVER.pdf

Download (629kB)
[img] Text (2129081008-ABSTRAK)
2129081008-ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text (2129081008-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (2129081008-KAJIAN TEORI)
2129081008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (2129081008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (2129081008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (2129081008-BAB 5 PENUTUP)
2129081008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (2129081008-DAFTAR PUSTAKA)
2129081008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)
[img] Text (2129081008-LAMPIRAN)
2129081008-LAMPIRAN.pdf

Download (269kB)

Abstract

ABSTRAK I Gusti Ayu Diah Gita Saraswati (2025), Analyzing Five Core Values of Character Education in English Textbooks For Senior High School From Social and Emotional Perspective. Tesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ni Komang Arie Suwastini, S.Pd., M.Hum. dan Pembimbing II: Dr. Putu Suarcaya, M.Sc. Kata Kunci: lima nilai inti, pendidikan karakter, buku teks, masa remaja tengah hingga akhir, dimensi sosial-emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan lima nilai pendidikan karakter yang direpresentasikan dalam tiga buku ajar Bahasa inggris untuk tingkat SMA/SMK dan hubungan dengn social dan emosional siswa sebagai remaja periode menengah dan akhir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan model analisis yang bernama model interaktif oleh Miles, Huberman & Saldana (2014). Terdapat dua temuan dalam penelitian ini. Pertama, ketiga buku Bahasa inggris untuk tingkat SMA/SMK merepresentasikan lima nilai pendidikan karakter pada setiap kegiatan maupun ilustrasi yang tersedia di dalam buku. Namun, dari kelima nilai pendidikan karakter, tiga nilai pendidikan karakter mendominasi temuan pada setiap buku, yaitu nilai nasionalisme, nilai kemandirian, dan nilai kerja sama. Temuan kedua dalam penelitian ini adalah terdapat beberapa nilai pendidikan karakter yang mendukung aspek social dan emosional dari siswa SMA/SMK yang berada pada fase remaja. Namun, kebanyakan nilai pendidikan karakter mendukung aspek social daripada emosional siswa. Dari pembahasan tersebut, dapat disimpulkan ketidakseimbangan intepretasi dari kelima nilai pendidikan karakter serta dalam menunjukan aspek sosial dan emosional siswa (fase remaja). Jadi, diharapkan penelitian ini dapat memberikan masukan untuk penerapan lima nilai pendidikan karakter dalam buku ajar siswa kedepannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: lima nilai inti1, pendidikan karakter2, buku teks3, masa remaja tengah hingga akhir4, dimensi sosial-emosional5.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LT Textbooks
P Language and Literature > PE English
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: I Gusti Ayu Diah Gita Saraswati
Date Deposited: 12 Aug 2025 08:02
Last Modified: 12 Aug 2025 08:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26886

Actions (login required)

View Item View Item