PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERFIKIR ILMIAH SISWA KELAS III SD

Agus Sunaryawan, I Putu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERFIKIR ILMIAH SISWA KELAS III SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031542-COVER.pdf

Download (628kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031542-ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031542-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031542-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031542-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031542-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031542-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031542-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031542-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat sasaran, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media media pembelajaran interaktif Augmented Reality, (2) menganalisis validitas media media pembelajaran interaktif Augmented Reality, (3) menganalisis kepraktisan media pembelajaran interaktif Augmented Reality dan (4) menganalisis efektivitas media pembelajaran interaktif Augmented Reality. Studi ini menerapkan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan pendekatan ADDIE. Metode pengumpulan data ini meliputi angket/kuesioner dan tes. Produk yang dibuat divalidasi oleh pakar materi dan media, serta diuji kepraktisan dan efektivitasnya melalui uji coba kepada siswa. Temuan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) menciptakan produk yang berupa media pembelajaran interaktif augmented reality berbasis website pada topik ada hewan apa saja disekitarmu, (2) media pembelajaran interaktif augmented reality memperoleh validitas yang sangat baik dengan tingkat pencapaian 94% oleh pakar isi/materi pembelajaran dan 93% dari pakar media pembelajaran, (3) memperoleh tingkat kepraktisan sebesar 94% oleh respons guru/praktisi, 100% oleh siswa dalam uji perorangan, dan 100% oleh siswa dalam uji kelompok kecil. Selain itu, nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,006. Hasil memperlihatkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Penelitian mengungkapkan bahwa media belajar yang interaktif AR berbasis website sangat valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Website, IPAS, Berpikir Ilmiah
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Agus Sunaryawan
Date Deposited: 13 Aug 2025 05:03
Last Modified: 13 Aug 2025 05:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26938

Actions (login required)

View Item View Item