Agus Sunaryawan, I Putu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERFIKIR ILMIAH SISWA KELAS III SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031542-COVER.pdf Download (628kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031542-ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031542-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031542-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (825kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031542-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031542-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031542-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031542-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031542-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki empat sasaran, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media media pembelajaran interaktif Augmented Reality, (2) menganalisis validitas media media pembelajaran interaktif Augmented Reality, (3) menganalisis kepraktisan media pembelajaran interaktif Augmented Reality dan (4) menganalisis efektivitas media pembelajaran interaktif Augmented Reality. Studi ini menerapkan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan pendekatan ADDIE. Metode pengumpulan data ini meliputi angket/kuesioner dan tes. Produk yang dibuat divalidasi oleh pakar materi dan media, serta diuji kepraktisan dan efektivitasnya melalui uji coba kepada siswa. Temuan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) menciptakan produk yang berupa media pembelajaran interaktif augmented reality berbasis website pada topik ada hewan apa saja disekitarmu, (2) media pembelajaran interaktif augmented reality memperoleh validitas yang sangat baik dengan tingkat pencapaian 94% oleh pakar isi/materi pembelajaran dan 93% dari pakar media pembelajaran, (3) memperoleh tingkat kepraktisan sebesar 94% oleh respons guru/praktisi, 100% oleh siswa dalam uji perorangan, dan 100% oleh siswa dalam uji kelompok kecil. Selain itu, nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,006. Hasil memperlihatkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Penelitian mengungkapkan bahwa media belajar yang interaktif AR berbasis website sangat valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Augmented Reality, Website, IPAS, Berpikir Ilmiah |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Putu Agus Sunaryawan |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 05:03 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 05:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |