THE PRACTICE OF TRANSLANGUAGING AND TEACHERS’ PERCEPTION ON ITS USE FOR TEACHING YOUNG LEARNERS AT SINGARAJA MONTESSORI SCHOOL

Oktaviyanti, I Dewa Sri Agung (2025) THE PRACTICE OF TRANSLANGUAGING AND TEACHERS’ PERCEPTION ON ITS USE FOR TEACHING YOUNG LEARNERS AT SINGARAJA MONTESSORI SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021088_COVER.pdf

Download (397kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021088_ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021088_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021088_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021088_BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021088_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021088_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021088_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
2112021088_DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (977kB)

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi praktik translanguaging dan persepsi guru tentang penggunaanya untuk mengajar pelajar muda di Singaraja Montessori School. Sebuah studi kasus kualitatif digunakan untuk mengumpulkan informasi tentag fenomena ini dalam konteks pelajar bilingual. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, lalu data dianalisis menggunakan analisis tematik. Penelitian ini mengamati dan mewawancarai guru di kelas atas, Rainbow Class. Temuan menunjukan bahwa praktik translanguaging secara aktif dimanfaatkan selama proses belajar mengajar. Praktik-praktik ini dikategorikan ke dalam dua tema: translanguaging yang diarahkan guru dan translanguaging yang diarahkan siswa. Lebih lanjut, para guru menunjukan persepsi positif terhadap translanguaging yang juga dikategorikan ke dalam tiga tema: respons emosional, keyakinan, dan tindakan. Peneltian ini menegaskan peran translanguaging sebagai pendekatan pedagogis yang memberdayakan, terutama untuk pelajar usia dini di lingkungan bilingual. Temuan ini memberikan wawasan tentang praktik translanguaging dalam interaksi kelas yang nyata serta persepsi guru tentang penggunaannya. Penelitian ini menegaskan bahwa translanguaging adalah strategi pengajaran yang efektif untuk pelajar usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Translanguaging, Bilingual Young Learners, Teachers’ Perception
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Dewa Sri Agung Oktaviyanti Puspita Dewi
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:27
Last Modified: 13 Aug 2025 07:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26945

Actions (login required)

View Item View Item