Oktaviyanti, I Dewa Sri Agung (2025) THE PRACTICE OF TRANSLANGUAGING AND TEACHERS’ PERCEPTION ON ITS USE FOR TEACHING YOUNG LEARNERS AT SINGARAJA MONTESSORI SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021088_COVER.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021088_ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021088_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021088_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021088_BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021088_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021088_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021088_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
2112021088_DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (977kB) |
Abstract
Penelitian ini menginvestigasi praktik translanguaging dan persepsi guru tentang penggunaanya untuk mengajar pelajar muda di Singaraja Montessori School. Sebuah studi kasus kualitatif digunakan untuk mengumpulkan informasi tentag fenomena ini dalam konteks pelajar bilingual. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, lalu data dianalisis menggunakan analisis tematik. Penelitian ini mengamati dan mewawancarai guru di kelas atas, Rainbow Class. Temuan menunjukan bahwa praktik translanguaging secara aktif dimanfaatkan selama proses belajar mengajar. Praktik-praktik ini dikategorikan ke dalam dua tema: translanguaging yang diarahkan guru dan translanguaging yang diarahkan siswa. Lebih lanjut, para guru menunjukan persepsi positif terhadap translanguaging yang juga dikategorikan ke dalam tiga tema: respons emosional, keyakinan, dan tindakan. Peneltian ini menegaskan peran translanguaging sebagai pendekatan pedagogis yang memberdayakan, terutama untuk pelajar usia dini di lingkungan bilingual. Temuan ini memberikan wawasan tentang praktik translanguaging dalam interaksi kelas yang nyata serta persepsi guru tentang penggunaannya. Penelitian ini menegaskan bahwa translanguaging adalah strategi pengajaran yang efektif untuk pelajar usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Translanguaging, Bilingual Young Learners, Teachers’ Perception |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Dewa Sri Agung Oktaviyanti Puspita Dewi |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 07:27 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 07:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |