Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SDN Gugus I Gusti Ngurah Jelantik Denpasar

Mulyadinata, I Putu Lagas (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SDN Gugus I Gusti Ngurah Jelantik Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031168- COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031168- ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031168-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031168- BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031168- BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031168- BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031168- BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031168- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031168- LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbasis media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus I Gusti Ngurah Jelantik Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent control grup design. Polulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus I Gusti Ngurah Jelantik Denpasar sebanyak 174 siswa yang terdiri dari 5 kelas dari 3 sekolah. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol. Oleh karena itu, didapatkan kelas V C di SD Negeri 28 Dangin Puri adalah kelas eksperimen dengan siswa berjumlah 36 orang dan pada kelas V di SD Negeri 17 Dangin Puri adalah kelas kontrol yang berjumlah 38 orang. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPA kemudian dianalisis dengan uji-t polled varians. Hasil analisis data yaitu thitung = 2,979 > ttabel = 1,993 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 72, jadi, H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran group investigation berbasis media lingkungan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.Jika dilihat dari nilai rata-rata gain skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen adalah 0,4 lebih dari kelompok kontrol adalah 0,23. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation berbasis media lingkungan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus I Gusti Ngurah Jelantik Denpasar tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran group investigation, media lingkungan, kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I PUTU LAGAS MULYADINATA
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:52
Last Modified: 28 Jul 2020 02:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2695

Actions (login required)

View Item View Item