PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI ”EDUSHROOM” BERORIENTASI KEBUDAYAAN LOKAL PADA MATERI FUNGI SISWA FASE E SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Syahrini, Pingky Fitria (2025) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI ”EDUSHROOM” BERORIENTASI KEBUDAYAAN LOKAL PADA MATERI FUNGI SISWA FASE E SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113041008-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113041008-ABSTRAK.pdf

Download (719kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113041008-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan rancang bangun, menguji validitas, dan kepraktisan media game edukasi berorientasi kebudayaan lokal pada materi fungi siswa fase E. Pengembangan media ini menggunakan model ADDIE, meliputi lima tahapan sistematis: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development). Implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Namun, penelitian ini dibatasi hanya pada uji validitas dan kepraktisan. Uji validitas melibatkan dua orang ahli media dan ahli materi, sedangkan uji kepraktisan melibatkan uji perorangan kepada tiga peserta didik dan uji kelompok kecil kepada dua belas peserta didik yang mewakili kemampuan kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1)rancangan penelitian pengembangan menghasilkan produk media game edukasi pada materi fungi siswa fase E; (2) validitas media dari aspek materi dan media mendapatkan skor satu yang termasuk pada kriteria validitas tinggi; dan (3) hasil dari uji kepraktisan media pada uji perorangan memperoleh hasil 82% yang dikategorikan sangat praktis, dan uji kelompok kecil memperoleh hasil 89% yang juga dikategorikan sangat praktis. Hasil penelitian menunjukan bahwa media game edukasi “Edushroom” dapat digunakan secara praktis sebagai media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih bervariasi dan menarik serta menyenangkan, terutama pada materi fungi. Berdasarkan hal tersebut, saran dari penulis adalah tindak lanjut uji keefektifitas pada proses pembelajaran. untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media dapat memengaruhi hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: ADDIE, Media, Game Edukasi, Fungi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Media, Game Edukasi, Fungi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Pingky Fitria Syahrani
Date Deposited: 13 Aug 2025 11:52
Last Modified: 13 Aug 2025 11:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26950

Actions (login required)

View Item View Item