Syahrini, Pingky Fitria (2025) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI ”EDUSHROOM” BERORIENTASI KEBUDAYAAN LOKAL PADA MATERI FUNGI SISWA FASE E SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113041008-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113041008-ABSTRAK.pdf Download (719kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113041008-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan rancang bangun, menguji validitas, dan kepraktisan media game edukasi berorientasi kebudayaan lokal pada materi fungi siswa fase E. Pengembangan media ini menggunakan model ADDIE, meliputi lima tahapan sistematis: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development). Implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Namun, penelitian ini dibatasi hanya pada uji validitas dan kepraktisan. Uji validitas melibatkan dua orang ahli media dan ahli materi, sedangkan uji kepraktisan melibatkan uji perorangan kepada tiga peserta didik dan uji kelompok kecil kepada dua belas peserta didik yang mewakili kemampuan kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1)rancangan penelitian pengembangan menghasilkan produk media game edukasi pada materi fungi siswa fase E; (2) validitas media dari aspek materi dan media mendapatkan skor satu yang termasuk pada kriteria validitas tinggi; dan (3) hasil dari uji kepraktisan media pada uji perorangan memperoleh hasil 82% yang dikategorikan sangat praktis, dan uji kelompok kecil memperoleh hasil 89% yang juga dikategorikan sangat praktis. Hasil penelitian menunjukan bahwa media game edukasi “Edushroom” dapat digunakan secara praktis sebagai media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih bervariasi dan menarik serta menyenangkan, terutama pada materi fungi. Berdasarkan hal tersebut, saran dari penulis adalah tindak lanjut uji keefektifitas pada proses pembelajaran. untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media dapat memengaruhi hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: ADDIE, Media, Game Edukasi, Fungi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Media, Game Edukasi, Fungi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Pingky Fitria Syahrani |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 11:52 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 11:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |