PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN HIRAGANA MEMORY HINT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA DI KELAS XI BAHASA SMAN 2 BANJAR

DEWI, PUTU RIA ARCHENA (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN HIRAGANA MEMORY HINT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA DI KELAS XI BAHASA SMAN 2 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112061031-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112061031-ABSTRAK.pdf

Download (607kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112061031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112061031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2112061031-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112061031- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112061031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112061031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112061031-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan menganalisis siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 2 Banjar terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Hiragana Memory Hint. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini berjumlah 31 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan angket kemudian data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan aplikasi Hiragana Memory Hint dapat meningkatkan penguasaan Hiragana siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan pada setiap siklus. Ketuntasan klasikal pada pre-test adalah 38,71%. Setelah pelaksanaan pembelajaran dengan model kooperatif Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Hiragana Memory Hint, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 67,74% pada siklus I dan mencapai 93,55% pada siklus II. Rata-rata respons peserta didik terhadap pembelajaran juga sangat baik, yaitu 79,68 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,29 pada siklus II. Penggunaan permainan dan hadiah dalam proses pembelajaran terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar huruf Hiragana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Kooperatif Teams Games Tournament, aplikasi Hiragana Memory Hint, penguasaan huruf Hiragana, SMA Negeri 2 Banjar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Putu Ria Archena Dewi
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:30
Last Modified: 14 Aug 2025 04:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26983

Actions (login required)

View Item View Item