Laksmi, Putu (2025) DEVELOPING PROBLEM BASED ENGLISH LEARNING ACTIVITIES TO ENHANCE STUDENTS LEARNING ENGAGEMENT IN CLASS VII AT SMP N 5 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021190-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021190-ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021190-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021190-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021190-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021190-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021190-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021190-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021190-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas isu kritis rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris di antara siswa kelas tujuh di SMPN 5 SINGARAJA, di mana observasi awal mengungkapkan bahwa hanya 3 dari 32 siswa yang berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan aktivitas Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan keterlibatan kognitif, emosional, dan perilaku dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan metode campuran dengan menggunakan model ADDE (Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi). Metode pengumpulan data meliputi observasi kelas, wawancara terstruktur dengan guru dan siswa, kuesioner menggunakan skala Guttman dan Likert, analisis dokumen materi kurikulum, dan evaluasi penilaian ahli. Penelitian ini berfokus pada pembuatan prototipe aktivitas PBL yang dirancang khusus untuk mengatasi tantangan keterlibatan spesifik yang diidentifikasi di kelas sasaran. Temuan awal dari fase analisis menunjukkan bahwa 62,75% siswa mengalami hambatan dalam keterlibatan kognitif, 58,64% menunjukkan keterlibatan emosional yang rendah, dan hanya 34,29% menunjukkan partisipasi perilaku yang minimal. Penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan siswa melalui penerapan aktivitas pemecahan masalah autentik di dunia nyata yang mendorong pemikiran kritis dan pembelajaran kolaboratif. Implikasi penelitian ini melampaui konteks kelas langsung, menawarkan kerangka kerja bagi praktisi pendidikan untuk menerapkan metodologi PBL guna meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris, yang berpotensi mengubah lingkungan belajar pasif tradisional menjadi pengalaman pendidikan yang dinamis dan partisipatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterlibatan Siswa, Pembelajaran Bahasa Inggris, Manajemen Kelas, Aktivitas Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Satya Wadi Laksmi |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 05:51 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 05:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27041 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |