PENGARUH FITUR LAYANAN, KUALITAS SISTEM, DAN USABILITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNAAN APLIKASI KOPERASI MOBILE (STUDI KASUS PADA KOPERASI DANA MUKTI SINGARAJA)

Santika, I Made Agus Dwi Candra (2025) PENGARUH FITUR LAYANAN, KUALITAS SISTEM, DAN USABILITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNAAN APLIKASI KOPERASI MOBILE (STUDI KASUS PADA KOPERASI DANA MUKTI SINGARAJA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1817051253-COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1817051253-ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1817051253-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (370kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1817051253-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1817051253-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1817051253-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1817051253-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1817051253-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1817051253-LAMPIRAN.pdf

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fitur layanan, kualitas sistem, dan usability terhadap kepuasan pengguna aplikasi koperasi mobile pada Koperasi Dana Mukti Singaraja. Data dikumpulkan dari 51 responden anggota koperasi yang aktif menggunakan aplikasi tersebut. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji t untuk menguji pengaruh masing-masing variabel independen terhadap kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel, yaitu fitur layanan, kualitas sistem, dan usability, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Fitur layanan memberikan kontribusi sebesar 0,197 satuan, kualitas sistem sebesar 0,126 satuan, dan usability sebesar 0,222 satuan terhadap peningkatan kepuasan pengguna. Uji t menunjukkan bahwa seluruh variabel memiliki nilai t-hitung yang lebih besar dari t-tabel, sehingga hipotesis penelitian diterima. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan fitur yang sesuai kebutuhan, peningkatan sistem yang andal, serta penerapan prinsip usability dalam pengembangan aplikasi koperasi mobile. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam menguatkan model hubungan antara kualitas layanan digital dengan kepuasan pengguna di sektor koperasi, serta rekomendasi praktis bagi pengelola koperasi dalam meningkatkan layanan berbasis teknologi digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: fitur layanan, kualitas sistem, usability, kepuasan pengguna, aplikasi koperasi mobile.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Akuntansi (S1)
Depositing User: I Made Agus DwiCandra Santika
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:17
Last Modified: 11 Sep 2025 01:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27092

Actions (login required)

View Item View Item