Widayani, Komang Ayu Karisma (2026) THE EFFECT OF 635 BRAINWRITING TECHNIQUES ON STUDENTS’ WRITING COMPETENCE IN TENTH GRADE OF SMAN 3 SINGARAJA IN THE ACADEMIC YEAR 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1812021091-COVER.pdf Download (697kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1812021091-ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021091-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021091-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021091-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021091-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021091-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021091-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1812021091-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak dari teknik 635 Brainwriting pada kemampuan menulis siswa kelas sepuluh. Peneliti menggunakan rancangan penelitian Quasi Eksperimen dengan Post-test Only Control Group Design. Populasi diambil dari seluruh siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 3 Singaraja pada tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel acak berdasarkan klaster diterapkan untuk memilih sampel. Sampel penelitian ini terdiri dari 72 orang siswa kelas sepuluh, yang dibagi kedalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen, siswa diberikan perlakuan dengan menerapkan teknik 635 Brainwriting, sedangkan pada kelompok kontrol siswa diberikan perlakuan menggunakan teknik konvensional (PPP). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata dari kelompok eksperimen sebesar 83.67, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 80.89. Untuk pengujian hipotesis, paired sample t-test digunakan. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.004, yang mana lebih rendah dari tingkat standar alpha sebesar 0.05 (p < 0.05). Ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari teknik 635 Brainwriting pada kelompok eksperimen. Oleh karena itu, teknik 635 Brainwriting terbukti efektif dalam menghasilkan ide-ide siswa dalam menulis teks recount.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan menulis, Teknik 635 Brainwriting, Teks Recount, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Komang Ayu Karisma Widayani |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 02:12 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 02:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |