Setiawan, I Made Yogi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERMUATAN MATERI KONTEKSTUAL PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI MUATAN IPAS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 BUAHAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2011031274-COVER.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2011031274-ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031274-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (227kB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031274-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031274-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031274-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031274-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031274-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2011031274-LAMPIRAN.pdf Download (31MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media Komik Digital bermuatan materi kontekstual pada materi kegiatan ekonomi muatan IPAS, (2) mengetahui kelayakan media belajar komik digital bermuatan materi kontekstual pada materi kegiatan ekonomi muatan IPAS, (3) mengetahui efektivitas efektivitas media komik digital bermuatan materi kontekstual pada materi kegiatan ekonomi muatan IPAS. “Satu ahli mata pelajaran, satu ahli desain instruksional, satu ahli media pembelajaran, tiga siswa untuk uji coba individual, dan sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil adalah subjek penelitian. Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Data dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda dan kuesioner. Metode analisis data juga kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media komik digital bermuatan materi kontekstual pada materi kegiatan ekonomi muatan IPAS pada siswa kelas V di SDN 3 Buahan dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE, (2) kelayakan media komik digital bermuatan materi kontekstual pada materi kegiatan ekonomi muatan IPAS menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran IPAS sebesar 93,33% (Sangat Layak), uji ahli media pembelajaran sebesar 90,9% (Sangat Layak), uji ahli desain instruksional sebesar 91,67% (Sangat Layak), uji coba perorangan sebesar 89,39% (Layak), dan uji coba kelompok kecil sebesar 89,89% (Layak). (3) efektivitas media Komik Digital bermuatan materi kontekstual muatan IPAS berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 yang dengan keputusan ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media komik digital bermuatan materi kontekstual muatan IPAS ini efektif digunakan pada siswa kelas V SD Negeri 3 Buahan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Komik Digital, Materi Kontekstual, IPAS |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
| Depositing User: | I MADE YOGI SETIAWAN |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 06:49 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 06:49 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27226 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
