Diatmika, I Komang Wahyu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) BERBANTUAN PERMAINAN LUDO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK KEBHINEKAAN KELAS IV SD NEGERI 1 NAWAKERTI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2111031101-COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2111031101-ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031101-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (226kB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031101-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031101-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031101-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031101-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031101-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2111031101-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantuan permainan Ludo terhadap minat belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh VAK berbantuan permainan Ludo terhadap hasil belajar siswa, dan (3) mengetahui pengaruh simultan VAK berbantuan permainan Ludo terhadap minat dan hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan quasi experiment berbentuk non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Nawakerti. Objek penelitian meliputi minat belajar dan hasil belajar siswa pada topik Kebhinekaan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan inferensial (uji normalitas, homogenitas, uji T, dan MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan: (1) model VAC-Ludo berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa (thitung = 34,253; p = 0,000; mean difference = 26,583), (2) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa (thitung = 14,474; p = 0,000; mean difference = 31,675), dan (3) terdapat pengaruh simultan yang signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa (Wilks’ Lambda = 0,034; F = 676,753; p = 0,000). Model VAK berbantuan permainan Ludo terbukti efektif meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran VAC, permainan ludo, minat dan hasil belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
| Depositing User: | I Komang Wahyu Diatmika |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 07:14 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 07:14 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
