PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) BERBANTUAN PERMAINAN LUDO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK KEBHINEKAAN KELAS IV SD NEGERI 1 NAWAKERTI

Diatmika, I Komang Wahyu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) BERBANTUAN PERMAINAN LUDO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK KEBHINEKAAN KELAS IV SD NEGERI 1 NAWAKERTI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031101-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031101-ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031101-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031101-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031101-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031101-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031101-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031101-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031101-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantuan permainan Ludo terhadap minat belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh VAK berbantuan permainan Ludo terhadap hasil belajar siswa, dan (3) mengetahui pengaruh simultan VAK berbantuan permainan Ludo terhadap minat dan hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan quasi experiment berbentuk non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Nawakerti. Objek penelitian meliputi minat belajar dan hasil belajar siswa pada topik Kebhinekaan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan inferensial (uji normalitas, homogenitas, uji T, dan MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan: (1) model VAC-Ludo berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa (thitung = 34,253; p = 0,000; mean difference = 26,583), (2) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa (thitung = 14,474; p = 0,000; mean difference = 31,675), dan (3) terdapat pengaruh simultan yang signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa (Wilks’ Lambda = 0,034; F = 676,753; p = 0,000). Model VAK berbantuan permainan Ludo terbukti efektif meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran VAC, permainan ludo, minat dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Komang Wahyu Diatmika
Date Deposited: 03 Nov 2025 07:14
Last Modified: 03 Nov 2025 07:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27258

Actions (login required)

View Item View Item