PENGEMBANGAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI LUAS BANGUN DATAR PADA MUATAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 3 ABIANSEMAL

Arta, I Kadek Dwi (2025) PENGEMBANGAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI LUAS BANGUN DATAR PADA MUATAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 3 ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031540-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031540-ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031540-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031540-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031540-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031540-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031540-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031540-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031540-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media powerpoint interaktif berbasis Discovery learning yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektivitas penggunaan media powerpoint interaktif berbasis Discovery learning materi luas bangun datar pada muatan matematika di kelas V SD Negeri 3 Abiansemal. Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli rancang bangun, ahli isi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli isi materi, dan siswa kelas V SD Negeri 3 Abiansemal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil berupa media powerpoint interaktif yang layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Media powerpoint interaktif berbasis discovery learning yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan uji kelayakan dari hasil uji ahli rancang bangun 95%, ahli isi 91,6%, ahli desain pembelajaran 80%, ahli media pembelajaran 91,67%, uji perorangan 89%, uji kelompok kecil 84%. Sementara itu hasil perhitungan uji efektifitas berdasarkan hasil uji-t univariat diperoleh thitung sebesar 12,449 yang kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 18 adalah sebesar 2,10. Hasil menunjukkan bahwa thitung > ttabel (12,449 > 2,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa media powerpoint interaktif efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar di kelas V SD Negeri 3 Abiansemal.. Keefektivan penggunaan media powerpoint interaktif juga terlihat dari peningkatan rata-rata kompetensi pengatahuan Matematika siswa sebesar 93,0 > 75 yang merupakan nilai KKTP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Powerpoint Interaktif, Berbasis Discovery Learning, Matematika, Keliling dan Luas Bangun Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Kadek Dwi Arta
Date Deposited: 03 Nov 2025 07:16
Last Modified: 03 Nov 2025 07:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27260

Actions (login required)

View Item View Item