PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN PAKU KELAS X DI SMA NEGERI 1 BANJAR

Ranjani, Putu Chelsea (2026) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN PAKU KELAS X DI SMA NEGERI 1 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115051012-COVER.pdf

Download (978kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115051012-ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115051012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115051012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115051012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115051012-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tumbuhan paku adalah kelompok tumbuhan yang memiliki struktur dan fungsi unik. Siswa sering kali sulit memahami materi tumbuhan paku karena karakteristiknya yang kompleks dan visualisasinya yang kurang optimal dalam pembelajaran. Rendahnya pemahaman ini disebabkan karena media pembelajaran cenderung pasif atau tak cukup inovatif. Penelitian bertujuan menghasilkan media pembelajaran augmented reality struktur dan fungsi tumbuhan paku kelas X di SMAN 1 Banjar, juga mengetahui respon siswa beserta pendidik atas pengembangan media. Research and Development (R&D) digunakan dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Media dikembangkan menggunakan perangkat lunak Blender 3D dan platform Assemblr Edu, yang menghasilkan konten AR 3D web-based sehingga mudah diakses. Hasil memperlihatkan bahwa media sangat valid dengan rerata koefisien validasi ahli isi dan media 1,00. Uji coba perorangan, kelompok kecil, dan lapangan memperlihatkan media memiliki kualifikasi “Baik” hingga “Sangat Baik”. Uji respon peserta didik dan guru menunjukkan respon “Sangat Positif”. Dengan demikian, media pembelajaran AR ini layak dan bisa membantu pemahaman beserta motivasi belajar siswa dalam mempelajari materi tumbuhan paku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tumbuhan Paku, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Biologi, MDLC.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Putu Chelsea Ranjani
Date Deposited: 25 Nov 2025 01:44
Last Modified: 25 Nov 2025 01:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27306

Actions (login required)

View Item View Item