Ranjani, Putu Chelsea (2026) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN PAKU KELAS X DI SMA NEGERI 1 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2115051012-COVER.pdf Download (978kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2115051012-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (238kB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115051012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115051012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115051012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2115051012-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tumbuhan paku adalah kelompok tumbuhan yang memiliki struktur dan fungsi unik. Siswa sering kali sulit memahami materi tumbuhan paku karena karakteristiknya yang kompleks dan visualisasinya yang kurang optimal dalam pembelajaran. Rendahnya pemahaman ini disebabkan karena media pembelajaran cenderung pasif atau tak cukup inovatif. Penelitian bertujuan menghasilkan media pembelajaran augmented reality struktur dan fungsi tumbuhan paku kelas X di SMAN 1 Banjar, juga mengetahui respon siswa beserta pendidik atas pengembangan media. Research and Development (R&D) digunakan dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Media dikembangkan menggunakan perangkat lunak Blender 3D dan platform Assemblr Edu, yang menghasilkan konten AR 3D web-based sehingga mudah diakses. Hasil memperlihatkan bahwa media sangat valid dengan rerata koefisien validasi ahli isi dan media 1,00. Uji coba perorangan, kelompok kecil, dan lapangan memperlihatkan media memiliki kualifikasi “Baik” hingga “Sangat Baik”. Uji respon peserta didik dan guru menunjukkan respon “Sangat Positif”. Dengan demikian, media pembelajaran AR ini layak dan bisa membantu pemahaman beserta motivasi belajar siswa dalam mempelajari materi tumbuhan paku.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Tumbuhan Paku, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Biologi, MDLC. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
| Depositing User: | Putu Chelsea Ranjani |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 01:44 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 01:44 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
