Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Teka-Teki Silang Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Gugus 4 Gerokgak

Dewi, Ketut Ella Ariseptiani Fournica (2026) Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Teka-Teki Silang Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Gugus 4 Gerokgak. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031405-COVER.pdf

Download (548kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031405-ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031405-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (447kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031405-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031405-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031405-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031405-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031405-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031405-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Motivasi belajar dan hasil belajar IPAS siswa sekolah dasar masih tergolong rendah akibat pendekatan pembelajaran yang bersifat konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Team Games Tournament (TGT) berbantuan teka-teki silang terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dan desain non- equivalent post-test only control group design. Subjek penelitian berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar IPAS berupa pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan teknik statistik parametrik, yaitu uji-t (independent sample t-test), setelah melalui uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT berbantuan teka-teki silang berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar IPAS siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis TGT dengan dukungan media teka-teki silang dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament, teka-teki silang, motivasi belajar, hasil belajar IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ketut Ella Ariseptiani Fournica Dewi
Date Deposited: 08 Dec 2025 01:04
Last Modified: 08 Dec 2025 01:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27351

Actions (login required)

View Item View Item