DEWI, NI LUH SANTIKA DEWI (2025) THE POLITENESS STRATEGIES IN VERBAL COMMUNICATION USED BY RECEPTIONISTS AT NEW SUNARI LOVINA BEACH RESORT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
|
Text (COVER)
2252013003-COVER.pdf Download (373kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2252013003-ABSTRAK.pdf Download (9MB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2252013003-BAB 1.pdf Download (9MB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2252013003-BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2252013003-BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2252013003-BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2252013003-BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2252013003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9MB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2252013003-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Studi ini mengkaji tentang tipe strategi kesantunan dalam komunikasi verbal yang digunakan oleh resepsionis di New Sunari Lovina Beach Resort, serta kondisi yang mempengaruhi penggunaan strategi kesantunan saat menangani para tamu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang melibatkan observasi, rekaman suara, dan wawancara saat pengumpulan data, dan menggunakan teori strategi kesantunan dari Brown and Levinson (1987) untuk menganalisis data yang telah didapatkan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah Resepsionis dari New Sunari Lovina Beach Resort. Penulis melibatkan 3 Resepsionis sebagai Subjek Penelitian. Hasil temuan menunjukkan 57,5% ujaran dari strategi kesantunan negatif, 32,5% ujaran dari strategi kesantunan positif, 2,5 ujaran dari strategi kesantunan off record dan 7,5% ujaran dari bald-on record. Strategi kesantunan negatif paling sering digunakan oleh resepsionis dalam komunikasi verbal dalam konteks hotel. Penelitian ini berkontribusi untuk memahami komunikasi verbal dalam konteks hotel, menyoroti pentingnya fleksibilitas strategi kesantunan untuk membangun hubungan komunikasi yang kuat dengan para tamu serta meningkatkan kepuasan mereka.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: negatif strategi kesantunan, strategi kesantunan, resepsionis |
| Subjects: | P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Bahasa Inggris Untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional (D4) |
| Depositing User: | NI LUH SANTIKA DEWI |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 20:58 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 20:58 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27359 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
