THE POLITENESS STRATEGIES IN VERBAL COMMUNICATION USED BY RECEPTIONISTS AT NEW SUNARI LOVINA BEACH RESORT

DEWI, NI LUH SANTIKA DEWI (2025) THE POLITENESS STRATEGIES IN VERBAL COMMUNICATION USED BY RECEPTIONISTS AT NEW SUNARI LOVINA BEACH RESORT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2252013003-COVER.pdf

Download (373kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2252013003-ABSTRAK.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2252013003-BAB 1.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2252013003-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2252013003-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2252013003-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2252013003-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2252013003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2252013003-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Studi ini mengkaji tentang tipe strategi kesantunan dalam komunikasi verbal yang digunakan oleh resepsionis di New Sunari Lovina Beach Resort, serta kondisi yang mempengaruhi penggunaan strategi kesantunan saat menangani para tamu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang melibatkan observasi, rekaman suara, dan wawancara saat pengumpulan data, dan menggunakan teori strategi kesantunan dari Brown and Levinson (1987) untuk menganalisis data yang telah didapatkan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah Resepsionis dari New Sunari Lovina Beach Resort. Penulis melibatkan 3 Resepsionis sebagai Subjek Penelitian. Hasil temuan menunjukkan 57,5% ujaran dari strategi kesantunan negatif, 32,5% ujaran dari strategi kesantunan positif, 2,5 ujaran dari strategi kesantunan off record dan 7,5% ujaran dari bald-on record. Strategi kesantunan negatif paling sering digunakan oleh resepsionis dalam komunikasi verbal dalam konteks hotel. Penelitian ini berkontribusi untuk memahami komunikasi verbal dalam konteks hotel, menyoroti pentingnya fleksibilitas strategi kesantunan untuk membangun hubungan komunikasi yang kuat dengan para tamu serta meningkatkan kepuasan mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: negatif strategi kesantunan, strategi kesantunan, resepsionis
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Bahasa Inggris Untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional (D4)
Depositing User: NI LUH SANTIKA DEWI
Date Deposited: 10 Dec 2025 20:58
Last Modified: 10 Dec 2025 20:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27359

Actions (login required)

View Item View Item