Pinem, Menang Suranta (2026) Pengembangan Media Video Pembelajaran Pembuatan Cup Cake Sari Markisa Dengan Teknik Fusion Pada Mata Kuliah Pagelaran Cipta Karya Kuliner. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2115081023-COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2115081023-ABSTRAK.pdf Download (365kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115081023- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (403kB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115081023- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2115081023- BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115081023- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115081023- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115081023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2115081023-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan media video pembelajaran pembuatan cup cake sari markisa dengan model 4D. Penelitian Research & Development (R&D) ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development dan Disseminaate). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode kuisioner dengan menggunakan instrument angket. Subjek pada penelitian ini terdiri dari dua orang ahli materi dan dua orang ahli media dan desain. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu: a) Tahap Define diperoleh data dari analisis awal, analisis mahasiswa, analisis tugas, analisis konsep dan analisis tujuan pembelajaran. b) Tahap Design dilakukan penulisan naskah dan storyboard. c) Tahap Development dilakukan uji validitas oleh ahli, dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 98% dan dari ahli media dan desain diperoleh persentase sebesar 91,87%. Dengan demikian dari kedua hasil persantase tersebut media video yang dikembangkan berada pada kategori “Sangat Layak”. d) Tahap Disseminate yakni tahapan penyebarluasan produk melalui YouTube.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | cup cake, markisa, media pembelajaran, video |
| Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (S1) |
| Depositing User: | Menang Suranta Pinem |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 03:55 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 03:55 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
