PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS DATA RISET DANAU BUYAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X MIPA DI SMA CANDIMAS PANCASARI

Wahyunandini, Komang Anik (2020) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS DATA RISET DANAU BUYAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X MIPA DI SMA CANDIMAS PANCASARI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041037-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041037-ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (320kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041037-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041037-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) validitas produk buku ajar berbasis data riset Danau Buyan (2) tingkat kepraktisan buku ajar berbasis data riset Danau Buyan, dan (3) tingkat efektivitas buku ajar berbasis data riset Danau Buyan. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian eksploratif dan pengembangan. Penelitian eksploratif dilaksanakan di tiga titik di Danau Buyan dan uji coba produk dilakukan di SMA Candimas Pancasari. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA di SMA Candimas Pancasari dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Prosedur penelitian eksploratif mengacu pada prosedur pengukuran kualitas air. Prosedur penelitian pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Data yang sudah terkumpul selanjutnya di analisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) produk buku ajar yang dihasilkan dari penelitian ini sangat layak untuk digunakan sebagai suplemen bahan ajar dengan tingkat validitas sebesar 80% dari ahli materi dan 91,2% dari ahli media, (2) produk hasil penelitian ini yang berupa buku ajar, sangat praktis digunakan di sekolah dengan tingkat kepraktisan sebesar 79% yang diberikan oleh guru dan 87,4% dari peserta didik (3) Buku ajar ini sangat efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dengan ketuntasan belajar peserta didik mencapai 90%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Data Riset, Buku Ajar, Danau Buyan
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Komang Anik Wahyunandini
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:20
Last Modified: 28 Jul 2020 03:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2767

Actions (login required)

View Item View Item