Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Permainan Edukasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Di Gugus II Kecamatan Mengwi

Susila, I Gede Darma (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Permainan Edukasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Di Gugus II Kecamatan Mengwi. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031102-COVER.pdf

Download (345kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031102-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031102-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031102-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031102-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031102-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031102-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031102-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031102-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi terhadap hasil belajar kelas V SD Gugus II Kecamatan Mengwi. Jenis penelitian yang dipakai yakni eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yakni kelas V SDN 2 Tumbak Bayuh sebagai kelompok eksperimen serta kelas V SDN 1 Tumbak Bayuh sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda biasa yang sudah divalidasi untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika. Di awal kedua kelompok sudah dinyatakan setara. Data yang terkumpul adalah data hasil belajar matematika dinormalisasikan menggunakan gain skor kemudian dianalisis menggunakan statistik inferensial uj-t. Nilai rerata gain skor hasil belajar matematika kelompok eksperimen adalah 0,580 lebih dari nilai rerata gain skor hasil belajar matematika kelompok kontrol yaitu 0,350. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 38,92742 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 1,99547. Berdasarkan hasil analisis tersebut berarti thitung> ttabel, maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, bisa disimpulkan yakni model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas V di Gugus II Kecamatan Mengwi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, permainan edukasi, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Darma Susila
Date Deposited: 28 Jul 2020 08:37
Last Modified: 28 Jul 2020 08:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2852

Actions (login required)

View Item View Item