Lestari, Ni Luh Putu Moni (2020) Usability Testing Menggunakan Model PACMAD Pada Aplikasi Tabanan Dalam Genggaman. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051005-COVER.pdf Download (669kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051005-ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051005-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Aplikasi Tabanan Dalam Genggaman adalah aplikasi mobile milik Pemerintah Kabupaten Tabanan. Aplikasi ini memuat beragam data dan informasi tentang Kabupaten Tabanan. Sebagai aplikasi yang bersifat public penting untuk melakukan uji guna mengetahui tingkat usability sehingga dapat memaksimalkan kebergunaan aplikasi. Pengujian usability testing menggunakan model PACMAD (People At The Center Of Mobile Application Depelovment) dengan 7 atribut pengukuran serta melibatkan 12 responden pada rentang usia 15-41 tahun. Dari hasil pengujian usability testing yang dilakukan dengan teknik performance measurement, RTA, Kuesioner SUS dan NASA-TLX diketahui bahwa aplikasi tabanan dalam gengaman dapat dikategorikan telah memenuhi tingkat usability yang baik untuk sebuah aplikasi mobile. Hal ini berdasarkan pada terpenuhinya 7 atribut usability pada model PACMAD yaitu efficiency sebesar 0,0380050295 goals/second, effectiveness 97%, learnability 92%, memorability 98%, error 0,090278, satisfaction 59,375 dan cognitive load 43,4444. Sebagai upaya meningkatkan usability pada aplikasi Tabanan Dalam Genggaman maka dirancangan rekomendasi perbaikan dalam bentuk wireframe/mockup yang didasarkan pada teori 8 golden rules dari Benn Sneidermann dan 10 prinsip user interface aplikasi mobile dari Stark,J. Hasil analisis data performance measurement dan data hasil RTA dijadikan sebagai acuan dan pertimbangan untuk memutuskan bagian, halaman, dan fitur dalam aplikasi Tabanan Dalam Genggaman yang akan diberikan rekomendasi perbaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | NASA-TLX, PACMAD, Performance Measurement, RTA, SUS, Tabanan Dalam Genggaman, Usability |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Moni Lestari |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:14 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2896 |
Actions (login required)
View Item |