PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERAKTIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMEN BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KOPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV GUGUS V TABANAN TAHUN AJARAN 2019/2020

PRATIWI, NI PUTU DWIYANTI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERAKTIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMEN BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KOPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV GUGUS V TABANAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031135_COVERr..pdf

Download (528kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031135_ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031135_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031135_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031135_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031135_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031135_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031135_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031135_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhyang signifikan pendekatan times game tournament berbantuan media puzzle terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Tabanan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan eksperimen semu“Nonequivalent Control Group Design”. Populasi penelitian seluruh kelas IV SD Negeri Gugus V Kecamatan Tabanan yang terdiri dari 5 SD Negeri yang berjumlah 5 kelas, dengan jumlah populasi 199 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa yaitu 31 siswa kelas IV SD No. 3 Delod Peken yang menjadi kelompok eksperimen dan 29 siswa kelas IV SD No. 5 Delod Peken yang menjadi kelompok kontrol. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan metode tes objektif pilihan ganda biasa. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 5,627 dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (34+38-2) =70. Jadi kriteria pengujian thitung = 5,627 > ttabel = 2,000, maka Ho ditolak dan Ha(diterima) . Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen adalah 86,21 dan dengan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol adalah 80,47. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kopetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus V Kecamatan Tabanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: times game tournamnet, media puzzle ,kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI PUTU DWI YANTI PRATIWI
Date Deposited: 28 Jul 2020 21:54
Last Modified: 28 Jul 2020 21:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2912

Actions (login required)

View Item View Item