Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Seririt

Nusabangsa Heroika, I Made (2020) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Seririt. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513071026-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513071026-ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1513071026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1513071026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1513071026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513071026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1513071026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513071026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513071026-LAMPIRAN.pdf

Download (45MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran IPA serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Seririt tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data pelaksanaan pembelajaran IPA serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran IPA dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara secara terus menerus sampai tuntas hingga datanya jenuh. Observasi dilaksanakan pada pelaksanaan pembelajaran IPA Kelas VII dan VIII. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan terhadap 2 orang Guru IPA serta 4 orang Siswa. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Beberapa dari kegiatan yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA memiliki perbedaan dengan standar, sedangkan beberapa kegiatan sudah sesuai dengan langkah-langkah pendekatan saintifik, 2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran IPA adalah ketersediaan buku pelajaran seperti buku paket IPA, modul pengayaan IPA yang lengkap dimiliki oleh setiap siswa, kelengkapan koleksi buku perpustakaan, dan adanya fasilitas wifi. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran IPA yaitu minat belajar siswa yang rendah, alih fungsi ruang laboratorium IPA, dan kurangnya LCD pada masing-masing kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran IPA, Pendekatan Saintifik.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: I Made Heroika Nusabangsa
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:45
Last Modified: 29 Jul 2020 03:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2930

Actions (login required)

View Item View Item