Rusmalasari, Ni Kadek Eva (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN KINTAMANI KABUPATEN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031165-COVER.pdf Download (980kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031165-ABSTRAK.pdf Download (327kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031165-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (498kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031165-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031165-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031165-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031165-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031165-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031165-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative problem solving (CPS) dengan siswa yang tidak dibelajararkan model pembelajaran Creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian adalah eksperimen semu menggunakan post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV Gugus II Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli yang berjumlah 214 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas IVA SDN 3 Batur dengan jumlah siswa 26 sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVA SDN 1 Batur dengan jumlah siswa 25 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Data hasil belajar IPS dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS anatara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative problem solving (CPS) dengan siswa yang tidak membelajarakan model pembelajaran Creative problem solving (CPS) pada siswa SD kelas IV. Hal ini ditunjukan oleh thitung (13,1075) lebih besar dari ttabel (2,0095). Rata-rata skor nilai hasil belajar IPS siswa menggunakan model pembelajaran Creative problem solving (CPS) yaitu 24,885 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar IPS siswa yang tidak membelajarakan model pembelajaran Creative problem solving (CPS) yaitu 15,26. Dengan demikian, model pembelajaran Creative problem solving (CPS) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPS, model pembelajaran (CPS) |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KADEK EVA RUSMALASARI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 14:05 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 14:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2972 |
Actions (login required)
View Item |