Phalguna, I Wayan Windu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS SINGAKERTA KECAMATAN UBUD TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031331-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031331-ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031331-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031331-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031331-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031331-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031331-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031331-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031331-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus Singakerta Kecamatan Ubud tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IV SD Gugus Singakerta Kecamatan Ubud sebanyak 160 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini kelas IV SDN 4 Singakerta sebanyak 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 3 Singakerta sebanyak 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes objektif pilihan ganda biasa selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 5,769 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 64 diperoleh nilai ttabel = 1,997 sehingga thitung = 5,769 > ttabel = 1,997 maka H0 ditolak Ha diterima. Hal tersebut berarti terdapat perbedaan signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran talking stick berbantuan media audio visual dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Nilai rata – rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen yaitu 0,56 dan kelompok kontrol yaitu 0,35. Sehingga dapat disimpulkan, model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Audio Visual berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus Singakerta Kecamatan Ubud Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Talking Stick , Audio Visual, kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Windu Phalguna |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 10:26 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 10:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2973 |
Actions (login required)
View Item |