Pratiwi, Ni Wayan Cika (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS IR. SOEKARNO DENPASAR SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031133-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031133-ABSTRAK.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031133-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (135kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031133-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031133-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031133-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031133-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031133-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031133-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quick On The Draw berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SDN Gugus Ir. Soekarno Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN Gugus Ir. Soekarno pada semester genap sebanyak 246 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 2 Pedungan sebanyak 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 5 Pedungan sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan tes pilihan ganda biasa berjumlah 30 butir soal yang telah divalidasi. Data yang terkumpul dinormalisasikan menggunakan gain skor kemudian dianalisis menggunakan statistik inferensial uji-t. Nilai rata-rata gain skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen adalah 0,49 lebih dari nilai rata-rata gain skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan matematika kelompok kontrol yaitu 0,46. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 3,306 dan ttabel pada taraf signifikansi 5 % (α = 0,05) = 2,006. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Quick On The Draw berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quick On The Draw berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SDN Gugus Ir. Soekarno Denpasar Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quick On The Draw, kearifan lokal, Tri Hita Karana, kompetensi pengetahuan matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI WAYAN CIKA PRATIWI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 10:31 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 10:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2980 |
Actions (login required)
View Item |