PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN FORMAL DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

Pratiwi, Ni Luh Gede Sri (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN FORMAL DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1723071003-COVER.pdf

Download (718kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1723071003-ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723071003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEBAHASAN)
1723071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1723071003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1723071003-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan: (1) Kemampuan Penalaran Formal dan Keterampilan Proses Sains (KPS) (2) Kemampuan Penalaran Formal dan (3) Keterampilan Proses Sains (KPS) antara siswa SMP yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung (MPL). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gerokgak tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 288 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIB dan VIIIC yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan, kemudian dianalisis dengan statistic deskriptif dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada Kemampuan Penalaran Formal dan Keterampilan Proses Sains antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung (MPL) (F=45,390; p<0.05), (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan penalaran formal antara siswa yang belajar dengan model Probelem Based Learning (PBL) dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung (MPL) (F=37,796; p<0.05), serta (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada Keterampilan Proses Sains antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung (MPL) (F=54,494; p<0.05). Kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menunjukkan Kemampuan Penalaran Formal dan Keterampilan proses sains (KPS) yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung (MPL).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Model Pembelajaran Langsung, Kemampuan Penalaran Formal, Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ni Luh Gede Sri Pratiwi
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:47
Last Modified: 29 Jul 2020 02:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2990

Actions (login required)

View Item View Item