Putra, Agus Diky Wira Diana (2020) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS V KECAMATAN TABANAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031104-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031104-ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031104-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (419kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031104-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031104-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031104-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031104-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031104-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031104-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki 3 tujuan yaitu untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Gugus 5 Kecamatan Tabanan Tahun Ajaran 2019/2020, (2) pengaruh yang signifikan minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Gugus 5 Kecamatan Tabanan Tahun Ajaran 2019/2020, (3) pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi dan minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Gugus 5 Kecamatan Tabanan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah ex post facto korelasional. Populasi dari oenelitian ini adalah seluruh kelas V yang ada di SD Negeri Gugus 5 Kecamatan Tabananyang berjumlah 130 orang siswa. Sampel ditentukan dari populasi menggunakan teknik proporsional random sampling dan jumlah sampel dari populasi adalah 97 orang siswa. Metode pungumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes. Data motivasi berprestasi dan minat baca diperoleh dari menyebarkan kuisioner dan data hasil belajar Bahasa Indonesia diperoleh melalui pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa, (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia berdasarkann nilai Fhiting = 4,26 > Ftabel = 3,96 dan pengaruhnya sebesar 12,1%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia berdasarkan nilai Fhitung = 5,82 > Ftabel = 3,96 dan pengaruhnya sebesar 6,7, (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi dan minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia berdasarkan Fhitung = 9,04 > Ftabel = 3,09 dan pengaruhnya sebesar 16,1%. Adapun saran bagi guru untuk lebih meningkatkan motivasi berprestasi dan minat baca siswa agar mendapatkan hasil belajar Bahasa Indonesia yang lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar bahasa indonesia, motivasi berprestasi , minat baca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Agus Diky Wira Diana Putra |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 11:31 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 11:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3008 |
Actions (login required)
View Item |