Dewi, Ni Luh Putu Kusuma (2020) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF FISIKA SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 1 TABANAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021009-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021009-ABSTRAK.pdf Download (320kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (640kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (538kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021009-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan keterampilan berpikir kreatif fisika siswa dan (2) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model Project Based Learning terintegrasi STEM (PjBL-STEM) dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi/evaluasi, dan (4) refleksi. Pada siklus I membahas materi gelombang cahaya dan siklus II membahas materi alat-alat optik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 37 siswa. Objek penelitian ini adalah model PjBL-STEM, keterampilan berpikir kreatif fisika siswa, dan tanggapan siswa terhadap model PjBL-STEM. Penerapan model PjBL-STEM terdiri dari lima fase, yaitu (1) reflection, (2) research, (3) discovery, (4) application, dan (5) communication. Data keterampilan berpikir kreatif fisika siswa diukur dengan tes esai berjumlah 10 butir yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Data tanggapan siswa terhadap penerapan model PjBL-STEM dikumpulkan melalui angket yang berjumlah 30 pernyataan dengan menggunakan skala Likert. Data dianalisis secara deskriptif. Kriteria keberhasilan tindakan adalah 70 untuk keterampilan berpikir kreatif dan positif untuk tanggapan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) keterampilan berpikir kreatif fisika siswa pada siklus I adalah M = 72,64; SD = 14,90 dan siklus II adalah M = 94,59; SD = 7,63. Keterampilan berpikir kreatif siswa pada masing-masing siklus adalah lebih tinggi dari kriteria keberhasilan. Jadi penerapan model PjBL-STEM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif fisika siswa, dan (2) skor rata-rata tanggapan siswa terhadap penerapan model PjBL-STEM dalam pembelajaran fisika M = 110,35; SD = 14,27 berada pada kategori positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model PjBL-STEM dalam pembelajaran fisika kelas XI pada topik gelombang cahaya dapat memfasilitasi siswa belajar menyenangkan, sehingga berdampak pada peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PjBL-STEM, keterampilan berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Kusuma Dewi |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 02:56 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 02:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3011 |
Actions (login required)
View Item |