Pengaruh Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) Berbasis Science Environment Technology Society (SETS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Gugus I Kecamatan Buleleng

Suci, Ni Komang Ayu Ari (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) Berbasis Science Environment Technology Society (SETS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Gugus I Kecamatan Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031378-COVER.pdf

Download (877kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031378-ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031378-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031378-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031378-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031378-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031378-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031378-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031378-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending(CORE) berbasis Science Environment Technology Society(SETS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian yakni Posttest Only Control Group Design. Data hasil belajar IPA diperoleh melalui metode tes dengan instrumen pengumpulan data berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan analisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan Uji-T digunakan sebagai cara untuk pengambilan keputusan atas hipotesis yang telah ditentukan. Berdasarkanhasil analisis hipotesis yang telah dilakukan denganmenggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,992 sedangkan ttabel = 2,000. Hal ini berarti thitung> ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) berbasis Science Environment Technology Society (SETS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Buleleng. Adapun nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kelompok eksperimen yakni , sedangkan nilai rata-rata siswa kelompok kontrol yakni . Hal ini berarti . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) berbasis Science Environment Technology Society (SETS)berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Buleleng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CORE, SETS, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Ayu Ari Suci
Date Deposited: 28 Jul 2020 21:20
Last Modified: 28 Jul 2020 21:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3204

Actions (login required)

View Item View Item