Buana, I Made Ego Teja (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Berlandaskan Catur Pramana Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Numerik Siswa Kelas V di SD Gugus 6 Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031400-COVER.pdf.pdf Download (430kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031400-ABSTRAK.pdf.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031400-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031400-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031400-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031400-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031400-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031400-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (121kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031400-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berlandaskan catur pramana terhadap keterampilan berpikir kritis Matematika dengan mengontrol kemampuan numerik. Penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan desain Posstest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah 177 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 orang siswa, kelas V SDN 2 Panji Anom sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 4 Panji Anom sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes yang terdiri dari tes pilihan ganda dan tes esay. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANAKOVA (analisis kovarian) dengan bantuan SPSS 20.0 for windows. Hasil dari penelitian ini adalah, 1) terdapat pengaruh yang signifikan Model Problem Based Learning (PBL) berlandaskan catur pramana terhadap keterampilan berpikir kritis Matematika dengan diperoleh Fhitung 2,545 dengan sig; = 0,014 < 0,05; 2) terdapat pengaruh yang signifikan Model Problem Based Learning (PBL) berlandaskan catur pramana terhadap keterampilan berpikir kritis Matematika setelah mengontrol kemampuan numerik siswa diperoleh Fhitung 6,753 dengan sig. = 0,013 < 0,05; 3) terdapat kontribusi yang signifikan kemampuan numerik terhadap keterampilan berpikir kritis Matematika siswa sebesar 37,69%. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning berlandaskan catur pramana berpengaruh positif serta terdapat kontribsi kemampuan numerik terhadap keterampilan berpikir kritis Matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, catur pramana, keterampilan berpikir kritis Matematika, kemampuan numerik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Ego Teja Buana |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 21:22 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 21:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3206 |
Actions (login required)
View Item |