Ratih, Ni Putu Ayu (2020) PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING (BELAJAR BERBASIS PENGALAMAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII C SMPN 3 PENEBEL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829011007-COVER.pdf Download (663kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829011009-ABSTRAK.pdf Download (307kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829011009- BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829011009-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829011009-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829011009-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829011009-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829011009-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui. (1) kemampuan siswa dengan penerapan model experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi di kelas VIII C SMPN 3 Penebel. (2) langkah-langkah penerapan model experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi di kelas VIII C SMPN 3 Penebel. (3) respons siswa setelah penerapan model experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi di kelas VIII C SMPN 3 Penebel siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari lima komponen yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) evaluasi dan, (5) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII C SMPN 3 Penebel. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, tes, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut (1) kemampuan siswa dengan menerapkan model experiential learning meningkat terlihat dari hasil refleksi awal skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 65, skor rata-rata pada siklus I adalah 74,3, dan pada siklus II skor rata-ratanya adalah 86. Nilai tersebut sudah mencapai KKM yaitu 75. (2) langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan model experiential learning yaitu, pendahuluan, inti, dan penutup. (3) Respons siswa meningkat pada tiap siklusnya, siklus I respons siswa berjumlah 1242 dengan rata-rata 43 yang mendapatkan kategori positif. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan respons berjumlah 1410 dengan rata-rata 49 yang mendapatkan kategori sangat positif. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran experiential learning dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) bagi guru bahasa Indonesia dan guru lain dapat menggunakan model ini sebagai acuan dalam mengajar, dan (2) bagi peneliti lain mengadakan penelitian lanjutan terkait dengan model pembelajaran experiential learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis, Puisi, Experiential Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Ayu Ratih |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 12:28 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 12:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3219 |
Actions (login required)
View Item |